Rabu, 22 April 2015

perawatan anak ayam bagian 1

PERAWATAN KHUTUK.
selamat pagi Maol Lovers. kali ini kita akan mengulas tatacara perawatan khutukan ala kandang Jago Banito Farm. salah satu farm kecil yang beralamat diraya grogol kecamatan menganti Gresik.
sudah kebiasaan bagi pemilik farm JBF untuk memberi vaksin ND. dan vaksin yang digunakan adalah Medivac ND La Sota biasa diberikan pada vaksinasi pertama secara tetes mata/hidung untuk menggertak pembentukan kekebalan lokal. tahap pemberian vaksin pertamakali diberikan sejak ayam berusia 1-4 hari. dan berulang untuk diusia genap 1bulan dan 2 bulan. namun diusia selanjutnya vaksin yang digunakan adalah Namun tujuan pemberianMedivac ND G7B Emulsiontersebut ialah dominan untuk membentuk kekebalan humoral (kekebalan yang beredar dalam darah). namun sejak usia genap 2 bulan sang pemilik mulai menggabungkan pemberian jenis ini. aplikasi keduanya di lapangan tentu saja tidak akan menyebabkan restriksi (penghambatan antar vaksin), justru akan saling melengkapi. Kedua vaksin tersebut mempunyai mekanisme masing-masing dalam menggertak kekebalan terhadap virus ND dan tidak mengganggu satu sama lain.Kombinasi kekebalan lokal dan humoral yang dibentuk oleh kedua jenis vaksin tersebut telah terbukti di lapangan dapat memberikan perlindungan pada ayam dari serangan virus ND yang ganas sekalipun.
setiap khutukan sang pemilik mempunyai harapan supaya sehat dan juga lolos seleksi baik kualitas maupun seleksi alam yaitu dengan pemberian vaksin. untuk tahap seleksi kualitas. beberapa tahap dilakukan dengan memulai dari cara merawat terlebih dahulu. penanganan ayam diusia baru menetas sudah kebiasaan dibiarkan bersama induknya selama 7 hari untuk disiang hari. dan malamnya ditempatkan dalam box berlampu dimana induk ditempatkan menjaga diluar box. untuk setiap pagi khutukan dijemur dipagi hari antara pukul 7-8 pagi -+ selama 10-25 menit tergantung cuaca. ini ditujukan supaya ayam khutukan bisa menyerap vitamin yang terkandung dalam cahaya matahari pagi dan juga supaya ayam memiliki kulit yang tebal dan merah disaat beranjak dewasa dan tidak lemas. untuk pemberian pakan. 591yang dikombinasikan dengan ad1 terkadang juga dikombinasikan dengan susububuk afkir tergantung ketebalan kantong (sambil tertawa) diberikan hingga usia genap 1 bulan. untuk mensupport pertumbuhan dimasa starter dimana usia ini sangat menentukan pembentukan organ dalam ayam juga diberikan multivitamin rhodivit melalui minum selama 4hari berturut turut selama satu minggunya. dan supaya pertumbuhan khutukan merata maka pemisahan jenis kelamin dalam 1 box dilakukan sejak usia antara 3-4minggu. ini disebabkan pertumbuhan jenis kelamin jantan lebih cepat. dan diusia tersebut pemotongan sedikit bulu ekor dan sayap dilakukan demi mendukung pertumbuhan badan melalui penyerapan kandungan makanan dan ditujukan untuk meminimalisir efek luka bermain tarung yang secara nulari dimiliki oleh anak ayam aduan.
diusia sebelum genap 1 bulan bisa dimulai tahap seleksi afkir. seleksi ini tergantung selera namun mayoritas yang memiliki cacat fisik seperti kaki ciker akan disafkir oleh sang pemilik. juga pada khutukan yang terserang virus dalam tahap kronis. diusia sebelum 6-7 minggu khutukan sangat rentan mengalami serangan koksiodisis (serangan pada pencernaan oleh virus) indikasinya berak darah.
selamat pagi dan beraktivitas dihari senin untuk MAOL lovers. semoga lancar dan berkah dalam segala aktivitasnya

BY : Admin MAOL
 jangan lupa like fanpage facebook MAOL disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar