Rabu, 22 April 2015

JENGGER SUMBER.

JENGGER SUMBER.
dalam bahasa daerah jawa barat lebih dikenal jengger sumur. jengger sumber merupakan katuranggan yang terletak pada pial atas yang berbentuk menyerupai sumur (berlubang) baik dibagian depan maupun belakang.
didalam perkembangan dunia ayam aduan diindonesia beredar 2 sisi kepercayaan untuk ayam yang memiliki katuranggan ini. sebagian mempercayai bahwa ayam yang memiliki jengger sumber adalah ayam yang tidak kuat menang dikarenakan tabiat lari meninggalkan bangkai atau lari sendiri dan tidak mau menghadapi lagi lawan dalam sebuah pertarungan yang diisi dengan uang. namun sebagian pula menganggap ini hanyalah sebuah mitos dikarenakan sudah membuktikan secara langsung diarena.
didalam satu kesempatan tim redaksi berbincang dengan saudara Apache Farm.
beliau menuturkan bahwa Katanya vial bolong...dan kaki pipit g bisa pake..ayam ini kaki pipit dan jengger bolong...Menurut katanya ayam seperti ini g bisa buat main bla ...bla ..bla... (kaki pipit dalam pandangan minus yang beredar. type ini .mudah terjatuh dikarenakan bagian jempol yang kurang memenuhi kriteria ‪#‎foto2‬ ) Kenyataan yg ada ayam ini mulai dari kontes sampai dengan kalangan atas bisa menang dan saya sendiri yg membawa ayam ini ke kalangan atas palembang dan menang...sampai sekarang ayam ini belum pernah kalah ...




seperti pada Foto 1 (berjengger sumber dan kaki pipit) ini sudah mematahkan rumor yang tersebar dengan rekos prestasi yang luar biasa.
beliau mengisahkan bahwa ayam yang bernama Sorban (julukan di Papaji anti primbon) ini menyapu piala dalam kontes IBC MARUNDA HMSkontes PAPAJI CIPULIR (foto 3) dan
Dan 2 x win kalangan terbesar Palembang dengan T yang fantastis di tahun 2013
beliau menambahkan bahwa sang jagoan memiliki Keunikan tarung : pola tarung yg berubah selalu bisa mengatasiGaya tarung lawan Dan disertai dengan titik perkenaan pukul serta jalu di sekitar mata,..telinga ,..sambungan Kepala ...Selama 2x di palembang kemenangan tidak sampai 3 ronde ,..itu pun Dari awal ronde sampai kemenangan selalu unggul tidak pernah asor,... ayam sekarang apalagi bukan ayam asli indonesia tidak bisa di tenggarai dgn mitologi Kita ,..Konon saya pernah dengar bahwa ayam jengger bolong tidak bisa menang dgn nilai Ttinggi Dan Lebih ekstrim lagi meninggal kan Bangkai ( atau ayam sdh unggul tiba2 lari ) . kenyataan yang ada ayam mampu menang dgn pial atau jengger yg tetap utuh,
dari diskusi yang diadakan tim redaksi Maol di grup Saboeng Cockfighting hampir semua responden menyatakan bahwa fenomena ini adalah mitos. berbeda ladi advice dari Saudara Menot Nasrullah Gunarso yang mendapatkan apresiasi like 10jempol didalam komentarnya yaitu jengger sumber kenapa disirik dan kebanyakan lari di tengah2 pertarungan, alasannya SIMPLE, di dalam sumber/dasarnya dihuni oleh kutu2 penghisap darah. Apabila jago dlm keadaan bertarung, sirkulasi darah sangat cepat/kencang dan suhumeningkat, hal itu merangsang kutu untuk menghisap darah. Pada kondisi demikian, jago merasakan sakit dan perih juga gatal. Konsentrasi tarung melemah padahal jugadipukuli lawan. Apabika pemilik ayam sering2 bersihkan dan diberi saleb pembunuh kutu, permasalahan sudah selesai. Jago tidak terkendala oleh kutu2. Begono logikanya. Logika lain gak ada yg masuk akal termasuk "katanya...katanya".
namun disetiap daerah memiliki perbedaan dan pemahaman untuk literatur ini. namun inilah keindahan sebuah seni perbedaan yaitu berbeda namun tetap satu Guyub dan Rukun.
jangan lupa like fanpage MAOL disini
by : admint MAOL

3 komentar:

  1. Thks banyak Mas... atas sharingnya... saya juga punya Jenggeran dg jengger sumbar dan kaki pipit, semula ragu punya ayam jengger sumbar,tetapi setelah baca sharingan cerita mas jadi PD, Punya saya dari keturunan jawara mas... itu sebabnya saya yakin dan Insya Allah bakal mengikuti jejerak si Sorban:) thks MAOL :)

    BalasHapus
  2. Thks banyak Mas... atas sharingnya... saya juga punya Jenggeran dg jengger sumbar dan kaki pipit, semula ragu punya ayam jengger sumbar,tetapi setelah baca sharingan cerita mas jadi PD, Punya saya dari keturunan jawara mas... itu sebabnya saya yakin dan Insya Allah bakal mengikuti jejerak si Sorban:) thks MAOL :)

    BalasHapus
  3. Jengger sumber itu bisa dihilangkan dengan jalan menjepit bagian sumber dengan tang besi. Dapat dilapisi kain tipis supaya tidak terkelupas kulitnya. Nanti setelah dijepit, bagian berlubang itu akan hilang akibat tertekan daging di bagian dalam sumber.

    BalasHapus