Rabu, 22 April 2015

klinik MaoL 2

Klinik MAOL.
1. Bagaimana penggolongan obat untuk saluran pencernaan dan saluran pernapasan ?
2. Obat-obat apa yang boleh dikombinasikan dan yang tidak boleh?.
jawab:
1. Sebagian besar produk antibiotik (obat)Medionmempunyai spektrum yang luas artinya bisa untuk infeksi saluran pernapasan dan pencernaan. Hanya beberapa saja produk yang dikhususkan untuk penyakit tertentu, seperti:Koksidiosis:Antikoksi, CoxydanKoksidexColibacillosis:ColiquinCRD :Tysinol, Tyfural, Doxyvet ProdukMedion yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit pernapasan dan pencernaan, antara lain:Ampicol, Doxytin, Medoxy-LA, Duoko, Therapy, Koleridin, Tetra Chlor, Trimezyn-S, Respiratrek, Sulfamix, Neo Meditril, Doctril dan Meditril-L.Pemilihan obat sebaiknya disesuaikan dengan jenis penyakit yang menyerang (CRD,colibacillosis, korisa, kolera,pullorum atau komplikasi penyakit tersebut) jangan hanya melihat apakah obat itu untuk infeksi saluran pencernaan atau pernapasan.
2. Kombinasi antibiotik dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan efek pengobatan yang lebih baik dibanding pengobatan tunggal (satu antibiotik). Tetapi bukan hal yang tidak mungkin, kombinasi antibiotik malah menurunkan efektivitasnya apabila dilakukan secara tidak tepat. Kombinasi antibiotika yang diperbolehkan adalah yang mempunyai sifat yang sama (bakteriostatik-bakteriostatik atau bakterisid-bakterisid) dan dianjurkan agar tidak berasal dari satu golongan. Jika kombinasi obat tersebut berasal dari satu golongan maka sama dengan meningkatkan dosis obat tersebut. Semakin tinggi dosis obat yang digunakan maka efek samping/toksisitas juga meningkat.
Kombinasi dua antibiotik dengan sifat kerja yang berbeda, yaitu bakterisidal dan bakteriostatik akan menghasilkan efek yang antagonis (berlawanan). Selain itu, dalam mengkombinasikan obat sebaiknya jumlah obat yang dikombinasikan sebaiknya tidak lebih dari 3 antibiotik. Jika antibiotik yang dikombinasikan terlalu banyak, maka resikonya ialah apabila penyakitnya menjadi lebih parah dan sudah tidak bisa (tidak mempan) diobati dengan kombinasi antibiotik tersebut maka akan lebih sulit untuk mencari alternatif antibiotik lain yang bisa digunakan.
BY : Admin MAOL
 jangan lupa like fanpage facebook MAOL disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar